MANFAAT PERAWAT

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

 

Perkembangan keperawatan di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perkembangan keperawatan secara global. Dengan jelas dapat diamati bahwa secara berkelanjutan keperawatan di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat, baik dibidang pendidikan maupun di tatanan praktek keperawatan. Pada masa lalu keperawatan dilakukan lebih berdasarkan intuisi dan tradisi sehingga keperawatan dianggap hanya sebagai kiat tanpa komponen  ilmiah dan landasan keilmuan yang kokoh.

 

Masalah yang muncul adalah apabila peneliti kurang tepat dalam menyusun kerangka kerja teori/konsep sesuai dengan variabel yang akan diteliti, sehingga hasil penelitian akan kurang bermakna dalam perkembangan tubuh ilmu pengetahuan keperawatan (Body of Knowledge) dan akan mempengaruhi penerapannya dalam praktek keperawatan.

 

Untuk menghindari hal tersebut, sebelum suatu teori diterapkan pada praktek keperawatan tertentu dan dipergunakan peneliti sebagai kerangka kerja teori/konsep dari suatu riset keperawatan.

 

Teori keperawatan digunakan untuk menyusun suatu model konsep dalam keperawatan, sehingga model keperawatan ini mengandung arti aplikasi dari struktur keperawatan itu sendiri yang memungkinkan perawat untuk menerapkan cara mereka bekerja dalam batas kewenangan sebagai seorang perawat. Model konsep keperawatan ini digunakan dalam menentukan model praktek keperawatan, mengingat dalam model praktek keperawatan mengandung komponen dasar seperti adanya keyakinan dan nilai yang mendasari sebuah model, adanya tujuan praktek yang ingin dicapai dalam memberikan pelayanan kepada kebutuhan semua pasien serta adanya pengetahuan dan keterampilan dalam hal ini dibutuhkan oleh perawat dalam mengembangkan tujuannya.

 

  1. Rumusan masalah

Adapun rumusan masalah yang dapat kami angkat, yaitu :

  1. Pengertian Perawat
  2. Pengertian Masyarakat
  3. Peran Perawat dalam Asuhan Keperawatan
  4. Manfaat perawat
  5. Fungsi Perawat dalam Asuhan Keperawatan

 

  1. Tujuan penulisan

 

Adapun tujuan penulisan makalah ini, yaitu :

  1. Agar mahasiswa dapat mengerti dan memahami serta mendeskripsikan  pengertian perawat
  2. Agar mahasiswa dapat mengerti dan memahami serta mendeskripsikan pengerian masyakarat
  3. Agar mahasiswa dapat mengerti dan memahami serta mendeskripsikan peran perawat dalam asuhan keperawatan
  4. Agar mahasiswa dapat mengerti dan memahami serta mendeskripsikan manfaat perawat
  5. Agar mahasiswa dapat mengerti dan memahami serta mendeskripsikan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

“ MANFAAT PERAWAT”

  1. Pengertian Perawat

Pengertian perawat pada lokakarya nasional 1983 telah disepakati pengertian keperawatan sebagai berikut, keperawatan adalah pelayanan yang merupakan bagian elemental dari pelayanan kesehatan berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk pelayanan biopsikososio yang komprehensif yang ditujukan kepada individu, kelompok dan masyarakat baik sakit maupun sehat yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia. perawat menurut UU RI. 23 tahun 1992 tentang kesehatan, perawat adalah mereka yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan berdasarkan ilmu yang dimiliki diperoleh melalui pendidikan keperawatan. Tyalor C Lillis C Lemone (1989) mendefinisikan perawat adalah seseorang yang berperan dalam merawat atau memelihara, membantu dengan melindungi seseorang karena sakit, luka dan proses penuaan. Pohon ilmu dari keperawatan adalah ilmu keperawatan itu sendiri.

 

Sehingga dapat didefinisikan bahwa perawat adalah tenaga profesional dibidang perawatan kesehatan yang terlibat dalam kegiatan perawatan. Perawat bertanggung untuk perawatan, perlindungan dan pemulihan orang yang terluka atau pasien penderita penyakit akut atau kronis, pemeliharaan kesehatan orang sehat, dan penanganan keadaan darurat yang mengancam nyawa dalam berbagai jenis perawatan kesehatan. Perawat juga dapat terlibat dalam riset medis, dan perawatan serta menjalankan beragam fungsi non-klinis yang diperlukan untuk perawatan kesehatan.

Perawat juga merupakan sumber daya kesehatan yang terdekat dengan masyarakat, yang telah dimiliki oleh pemerintah untuk dilibatkan dalam mengatasi masalah kesehatan. Upaya yang dilakukan adalah memberikan kewenangan dan perlindungan hukum yang kuat agar perawat bisa menjadi pilar pelayanan kesehatan primer dimasyarakat. Melalui peraturan atau undang-undang, kewenangan dan perlindungan diberikan kepada perawat yang kompeten untuk bertanggung jawab dalam pelayanan kesehatan dasar (Primer) yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas. Saat ini perawat dapat dijadikan seorang perawat professional melalui kerjasama dengan pemerintah daerah, LSM dan organisasi profesi serta dukungan perawat.

 

Perawat merupakan sumber daya terbesar dalam pelayanan kesehatan, dan lebih dari 40% sumber daya kesehatan adalah perawat. Perawat merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan yang ikut menentukan kemana citra pelayanan kesehatan akan dibangun. Sehingga kompetensi perawat harus selalu ditingkatkan sebanding dengan meningkatnya tuntunan masyarakat terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

 

  1. Pengertian Masyarakat

 

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk suatu system semi tertutup atau semi terbuka, dimana sebagian besar interaksinya antara individu-individu yang berada dalam sekelompok masyarakat tersebut. Kata masyarakat sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu musyarak. Sedangkan menurut istilahnya masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar kelompok dan  komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya istilah masyarakat ini digunakan untuk mengacu kepada sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang hidup teratur.

 

Manusia termaksud dalam ruang lingkup masyarakat. Manusia bertindak sebagai klien yang merupakan mahluk biopsikososial dan spiritual yang terjadi dari aspek jasmani dan rohani yang umunya bersifat unik dengan kebutuhan yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat perkembangannya masing-masing.

Sebagai klien yang bersifat individu, sasaran pemenuhan kebutuhan dasarnya adxalah biopsikososial dan spiritual yang berbeda dengan individu lainnya. Karena itu diharapkan terjadi proses pemenuhan kebutuhan dasar kearah kemandirian. Kebutuhan dasar tersebut dapat meliputi kebutuhan fisiologis, keamana dan kenyamanan, cinta mencintai, harga diri dan aktualisasi diri.

 

Sebagai klien yang bersifat masyarakat, diartikan bahwa melalui masyarakat, kemampuan individu dapat mudah dipengaruhi dengan adanya fasilitas pelayanan kesehatan, pendidikan, tempat rekreasi, transport, komunikasi dan social dengan adanya keyakinan yang kuat dari masyarakat sehingga pandangan masyarakat sangat diperlukan dalam proses perubahan untuk pemenuhan kebutuhan dasar.

 

  1. Peran Perawat dalam asuhan Keperawatan

 

Adapun peran perawat dalam asuhan keperawatan, yaitu :

  • Peran sebagai pemberi asuhan keperawatan, yaitu dapat dilakukan perawat dengan memperhatikan keadaan kebutuhan dasar manusia yang dibutuhkan melalui pemberian pelayanan keperawatan dengan menggunakan proses keperawatan sehingga dapat ditentukan diagnosis keperawatan agar bisa direncanakan dan dilaksanakan tindakan yang tepat sesuai dengan tingkat kebutuhan  dasar manusia, kemudian dapat dievaluasi tingkat perkembangannya. Pemberian asuhan keperawatan ini dilakukan mulai dari yang sederhana sampai dengan kompleks
  • Peran sebagai advokat klien, yaitu membantu keluarga dank lien dalam menginterpretasikan berbagai informasi dari pemberi pelayanan atau informasi lain khususnya dalam pengambilan persetujuan atas tindakan keperawatan yang diberikan kepada pasien.
  • Peran sebagai Edukator, yaitu dapat membantu klien dalam meningkat tingkat pengetahuan kesehatan, gejala penyakit bahkan tindakan yang diberikan sehingga terjadi perubahan perilaku dari klien setelah dilakukan pendidikan kesehatan
  • Peran sebagai koordinator, yaitu dilaksanakan dengan mengarahkan, merencanakan serta mengorganisasi pelayanan kesehatan dari tim kesehatan sehingga pemberian pelayanan kesehatan dapat terarah serta sesuai dengan kebutuhan klien
  • Peran kolaborator, yaitu dilakukan karena perawat bekerja melalui tim kesehatan yang terdiri dari dokter, fisioterapis, ahli gizi dan lain-lain dengan upaya mengidentifikasi pelayanan keperawatan yang diperlukan termaksud diskusi atau tukar pendapat dalam penentuan bentuk pelayanan selanjutnya
  • Peran sebagai konsultan, yaitu sebagai tempat konsultasi terhadap masalah atau tindakan keperawatan yang tepat untuk diberikan.
  • Peran sebagai pembaharu, yaitu dapat dilakukan dengan mengadakan perencanaan, kerja sama, perubahan yang sistematis dan terarah sesuai dengan metode pemberian pelayanan keperawatan

 

  1. Manfaat Perawat

 

Manfaat perawat dapat diperoleh dari optimalisasi peran dan tanggung jawab perawat, dimana manfaat utama perawat adalah untuk meningkatkan akses dan cakupan pelayanan kesehatan  yang luas hingga pelosok tanah air. Pendekatan pelayanan kesehatan dapat dijadikan sebagai pintu masuk untuk memberikan pendidikan kesehatan melalui kontak social dan budaya untuk merubah perilaku masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat. Sehingga penyakit-penyakit akibat kurangnya pengetahuan dan perilaku budaya yang tidak sehat seperti gizi buruk, penyakit infeksi, kematian ibu dan bayi dapat lebih ditekankan.

Adapun manfaat perawata yaitu :

  • Manfaat sebagai pemberi asuhan keperawatan, yaitu dilakukan perawat dengan memperhatikan keadaan kebutuhan dasar manusia yang dibutuhkan melalui pemberian pelayanan keperawatan dengan menggunakan proses keperawatan sehingga dapat ditentukan diagnosa keperawatan agar bisa direncanakan dan dilaksanakan tindakan yang tepat sesuai dengan tingkat kebutuhan dasar manusia.
  • Dapat memberikan konsultasi sehubungan dengan masalah atau tindakan yang dialami pasien
  • Dapat memberikan informasi mengenai masaalah kesehatan yang dialami oleh pasien
  • Dapat memberikan penyuluhan kesehatan, bagi klien, keluarga dan masyarakat
  • Dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada klien

 

  1. Fungsi Perawat dalam Asuhan Keperawatan

 

Fungsi merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan perannya. Fungsi tersebut dapat berubah sesuai dengan keadaan yang ada. Dalam menjalankan perannya, perawat akan melaksanakan berbagai fungsi diantaranya :

  • Fungsi Independen, yaitu merupakan fungsi mandiri dan tidak tergantung pada orang lain, dimana perawat dalam melaksanakan tugasnya dilakukan secara sendiri, dengan keputusan sendiri dalam melakukan tindakan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia, seperti pemenuhan kebutuhan fisiologis, pemenuhan kebutuhan keamanan dan kenyamanan, pemenuhan kebutuhan cinta mencintai, pemenuhan kebutuhan harga diri dan aktualisasi diri.
  • Fungsi dependen, yaitu merupakan fungsi perawat dalam melaksanakan kegiatannya atas pesan atau instruksi dari perawat lain. Sehingga sebagai tindakan pelimpahan tugas yang diberikan. Hal ini biasanya dilakukan oleh perawat spesialis kepada perawat umum atau dari perawat primer keperawat pelaksana
  • Fungsi interdependen, yaitu merupakan fungsi yang dilakukan dalam kelompok atau tim yang bersifat saling ketergantungan antara satu dengan yang lain. Fungsi ini dapat terjadi apabila bentuk pelayanannya membutuhkan kerjasama tim dalam memberikan pelayanan seperti dalam memberikan asuhan keperwatan pada penderita yang mempunyai penyakit kompleks. Keadaan ini tidak dapat diatasi dengan tim perawat saja melainkan juga dari dokter ataupun lainnya sepeti dokter dalam memberikan tindakan pengobatan bekerjasama dengan perawat dalam pemantauan reaksi obat yang telah diberikan.

Fungsi perawat dalam pemberian asuhan keperawatan, yaitu :

-          Mengkaji kebutuhan pasien atau klien, keluarga, kelompok dan masyarakat serta sumber yang tersedia danpotensial untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

-          Merencanakan tindakan keperawatan kepada individu, keluarga, kelompok atau masyarakat berdasarkan diagnosis keperawatan

-          Melaksanakan rencana keperawatan yang meliputi upaya peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, penyebuhan, pemulihan dan pemeliharaan kesehatan termaksud pelayanan klien dan keadaan terminal

-          Mengevaluasi hasil asuhan keperawatan

-          Mendokumentasikan proses keperawatan

-          Mengidentifikasi hal-hal yang harus diteliti

-          Berperan dalam melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada klien ataupun masyarakat

-          Bekerjasama dengan disiplin ilmu, terkait dalam pemberian pelayanan kesehatan

-          Mengelola perawatan klien dan berperan sebagai ketua tim dalam melaksanakan kegiatan keperawatan.

 

 

BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Adapun yang dapat disimpulkan, yaitu :

  1. Perawat adalah tenaga profesional dibidang perawatan kesehatan yang terlibat dalam kegiatan perawatan.
  2. Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk suatu system semi tertutup atau semi terbuka, dimana sebagian besar interaksinya antara individu-individu yang berada dalam sekelompok masyarakat tersebut.
  3. Adapun peran perawat dalam asuhan keperawatan, yaitu :
  • Peran sebagai pemberi asuhan keperawatan,
  • Peran sebagai advokat klien,
  • Peran sebagai Edukator,
  • Peran sebagai koordinator,
  • Peran kolaborator,
  • Peran sebagai konsultan,
  • Peran sebagai pembaharu,
  1. 4.        Manfaat utama perawat adalah untuk meningkatkan akses dan cakupan pelayanan kesehatan  yang luas hingga pelosok tanah air
  2. 5.        Adapun fungsi perawat, yaitu :
  • Fungsi Independen,
  • Fungsi dependen,
  • Fungsi interdependen,
  1. Saran

Dengan makalah ini penulis mengharapkan pada khususnya semua mahasiswa keperawatan STIKES MANDALA WALUYA dapat menjadikan panduan dalam mengetahui serta memahami pengertian dari perawat, masyarakat, peran perawat dalam asuhan keperawatan, manfaat perawat dan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan. Sehingga dapat bermanfaat bagi kami pribadi, keluarga dan masyarakat dalam menunjang pengetahuan dalam menuju perawat yang professional kedepannya.

About these ads

2 pemikiran pada “MANFAAT PERAWAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s