…PROSES TEBENTUKNYA BAYI KEMBAR…

"ANAK KEMBAR"

"ANAK KEMBAR"

Hmmmm kemarin kan anak C1 KEPERAWATAN STIKES MW KENDARI gi belajar FISIOLOGI SISTEM REPRODUKSI PADA WANITA kira-kira jam 5 sore lah lewat-lewat dikit.. maklumlah (dosennya lagi sibuk hehehe),,,, diwaktu-waktu terakhir mau pulang (pak dosennya udah selesai menjelaskan) terus ada salah satu teman aku yang tanya tentang proses terjadinya bayi kembar,,,, karena yang dijelaskan sama pak dosen bahwa terjadinya bayi kembar disebabkan adanya 2 sperma yg membuahi 2 sel telur,,,, seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa terjadinya bayi kembar karena disebabkan oleh terjadinya pembelahan yang tidak sempurna sehingga yang tadinya hanya 1 zygot kini menjadi 2 zygot maka akan menghasilkan bayi kembar oleh karena itu teman aku menanyakan hal tersebut….. hmmmm perdebatan semakin memanas (karena saling mempertahankan pendapatnya masin-masing,,,, pak dosen vs mahasiswa,,,,, kayak pertandingan bola ajah eee,, maklum lagi panas-panasnya piala dunia),,, mana belum shalat maghrib lagi…. huh tambah-tambah yang cowok-cowonya pada panas di belakang ,,, g tw dah pengenya cepet-cepet pulang kale ye….

Jadi kami pulang tanpa ada keputusan, alasannya apa…. hmmm bikin penasaran ajah,,,

dari pada  mati penasaran mending cari info ajah,,, gunakan tekhnologi yang canggih,,,,, habis shalat isya aku langsung browsing internet (salah 1 HOBBY aku nih),, nah akhirnya ketemu juga deh….

(Cuman untuk memperjelas saja penjelasan dari pak dosen)…….. okay….

Ini sedikit penjelasan yAang aku dapatkan dari Yahoo! Answers yang berhubungan dengan proses terbentuknya BAYI KEMBAR…….. semoga bisa di mengerti yah,,,,,

Ada 2 sebab kenapa bisa terjadi bayi kembar. Yang pertama, adalah karena pembelahan sel hasil pembuahan sel telur dan sperma yang mengakibatkan pembelahan tidak sempurna, sehingga dari yang tadinya hanya ada 1 zygot menjadi ada 2 (disebut juga monozygotic). Kemudian keduanya ini berkembang menjadi janin yang independen, dan biasanya berbagi plasenta yang sama. Karena sumbernya adalah 1 sel telur dan 1 sperma, biasanya kembar ini disebut kembar identik (karena bayinya nantinya mirip -identical-, mukanya, posturnya, bahkan jenis kelaminnya walaupun sering juga terjadi kembar identik beda kelamin).

Yang kedua, adalah karena adanya 2 sel telur didalam rahim (hal ini cukup jarang juga terjadi) yang kemudian kedua sel telur ini dibuahi oleh 2 sel sperma yang berbeda. Sehingga ada 2 zygot (dizygotic) yang berasal dari 2 sel telur dan 2 sel sperma. Biasanya, kembar ini tidak identik, mukanya tidak seperti anak kembar (tidak mirip satu sama lain), kadang juga kelaminnya berbeda. Yang dizygotic ini biasanya ada 2 placenta, sendiri-sendiri.

Aku rasa sudah jelas semuanya….. penjelasannya yang diberikan oleh pak dosen tidak salah (Beliau kan lebih mengerti) dan pendapatnya kita juga tidak salah…. so tidak ada yang salah dan semuanya benar,,,,.

Semoga bermanfaat,,,,aamiin….

(WR)

About these ads

8 thoughts on “…PROSES TEBENTUKNYA BAYI KEMBAR…

  1. klo bayi kembar siam gimana sihh koq bsa terjadi……..??? bsa d jelasin gak? soalX d blogX orng laen ga bsa nanggap

  2. aku sendiri mempunyai anak kembar,tepatnya 2 – 02 – 2012 lahir normal, kira-kira 2,2kg-an berat badan mereka,proses terjadinya kembar sepertinya sama dengan penjelasan pertama,karena hanya ada 1 plasenta, bayi kembarku berjenis kelamin laki & perempuan,wajah mereka juga tidak sama,alhamdulillah yg terpenting mereka lahir sehat dan sempurna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s